Uniqlo Indonesia mempertegas komitmen mereka untuk meningkatkan kehidupan masyarakat. Ini diwujudkan dengan kontribusi nyata dalam upaya pemulihan roda ekonomi melalui dukungan pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lokal di Indonesia.
Inisiatif tersebut Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia dalam acara Indonesia Retail Summit (IRS) 2022 yang digagas oleh Hippindo pada 15 Agustus 2022 di Sarinah Building, Jakarta.
Irma menjelaskan, program kolaborasi mereka selaras dengan wujud nyata 3 pilar utama sustainability yaitu, People, Planet dan Society, yang diusung oleh Uniqlo. Di antaranya untuk terus berupaya untuk berperan aktif dan secara nyata berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat di Indonesia dengan merangkul kearifan lokal dan membangkitkan perekonomian retail di Indonesia.
“Serta mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar lokasi usaha,” ungkapnya.
Program yang diluncurkan pada tahun 2019 ini hadir dalam wujud instalasi di area toko-toko Uniqlo Indonesia. Menampilkan beberapa produk dan informasi dari UKM lokal yang telah terpilih melalui proses kurasi di berbagai daerah. Dalam prosesnya, Uniqlo bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan setempat, serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah yang berada di lokasi usaha Uniqlo, produk UKM mana menjadi ciri khas di daerah masing-masing.
Hingga kini, program ini telah hadir di 25 kota di Indonesia dengan total lebih dari 210 UKM. Mereka berpartisipasi dan dikaji setiap 1 tahun sekali. “Dengan harapan dapat memberikan kesempatan kepada lebih banyak pelaku UKM lokal agar dapat menjadi bagian dari program Kolaborasi Uniqlo Neighborhood,” kata Irma.
Program Kolaborasi Uniqlo Neighborhood menjadi wujud dukungan Uniqlo Indonesia terhadap pelaku bisnis lokal untuk dapat terus berkembang semakin baik lagi melalui berbagai cara. Antara lain dengan membantu mempromosikan produk-produk lokal dengan cakupan yang lebih luas serta kolaborasi dengan para pelaku UKM.
Di samping itu, Uniqlo juga secara berkelanjutan memberikan pelatihan bagi para UKM guna meningkatkan daya saing UKM dalam memasarkan produknya.
Inisiatif ini juga mendapat apresiasi dan dukungan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada bulan September 2021 lalu di Uniqlo Solo Paragon. Sinergitas ini wujud kolaborasi serta komitmen yang diharapkan mampu membuka peluang kerja sama antara UKM lokal dan bisnis skala besar agar dapat bersaing di pasar domestik hingga global serta membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia.
“Selain program Kolaborasi Uniqlo Neighborhood, kami juga sudah menjalankan berbagai inisiatif untuk masyarakat Indonesia di antaranya upaya untuk mendukung penanggulangan wabah COVID-19 di Indonesia melalui rangkaian program donasi berkelanjutan sejak tahun 2020 hingga 2022 ini,” kata Irma.
Beberapa di antaranya donasi pemberian 500 ribu masker medis kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) hingga membuka sentra vaksinasi di 5 daerah di Indonesia dengan menyiapkan 250 ribu vaksin dosis pertama dan kedua serta 50 ribu vaksin booster kepada masyarakat yang berusia diatas 17 tahun, khususnya yang terlibat dalam ekosistem ritel, termasuk UMKM dan UKM, para supplier, distributor hingga karyawan pabrik dan masyarakat serta penyandang disabilitas.