the-new-audi-e-tron-gt-mahakarya-mobil-listrik-sporty
The New Audi e-tron GT, Mahakarya Mobil Listrik Sporty | Doc: Audi
Automotive
The New Audi e-tron GT, Mahakarya Mobil Listrik Sporty
Dody Wiraseto
Wed, 03 Jul 2024

2021 adalah tahunnya Audi e-tron GT Quattro, di mana sejak peluncuran perdananya, mobil listrik ini langsung tampil dominan dengan kesan sporty di jajaran produk Audi. Model ini dikenal karena desain yang menyolok dan performa yang dinamis.

Kini, versi terbaru dari Audi e-tron GT menghadirkan peningkatan signifikan dalam jangkauan, performa, pengisian daya, dan kemudahan dalam penggunaan. Keluarga model ini kini mencakup tiga varian: Audi S e-tron GT, Audi RS e-tron GT, dan Audi RS e-tron GT performance.

Audi e-tron GT menampilkan desain progresif dengan teknologi inovatif. Varian Audi S e-tron GT memiliki tampilan sporty dan elegan dengan bagian depan homogen dan ekspresif. Singleframe hitam melingkari gril tertutup yang khas, memberikan kesan sporty pada Gran Turismo. Bagian belakangnya didominasi oleh diffuser aerodinamis dengan sirip vertikal dan inlay warna bodi yang menambah tekstur visual menarik.

Audi RS e-tron GT menghadirkan tampilan yang lebih radikal dengan struktur sarang lebah 3D pada grilnya. Diffuser ramping di bagian belakang mengesankan tema efisiensi tiga dimensi di bagian depan. Audi RS e-tron GT performance menonjol dengan elemen desain unik seperti atap karbon matte dan elemen kamuflase karbon opsional pada bumper dan trim pintu.


Interior Audi e-tron GT menampilkan elemen sporty dan material berkelanjutan. Kursi sport plus dengan penyesuaian 14 arah hadir sebagai standar pada S e-tron GT, sementara model RS menawarkan kursi dengan fungsi pijat opsional. Material microfiber berkelanjutan bernama Dinamica digunakan pada kursi, roda kemudi, dan konsol tengah. Cascade, kain berkelanjutan lainnya, digunakan pada jok dan kaca spion. Karpet dan alas lantai terbuat dari Econyl, serat nilon daur ulang dari limbah produksi dan jaring ikan bekas.

Semua perangkat di Audi tipe GT sudah digital dan terhubung berkat berbagai layanan Audi Connect, fungsi sesuai permintaan, dan lewat aplikasi. Kokpit virtual Audi memberikan informasi baru tentang suhu baterai dan menunjukkan daya pengisian daya maksimum yang mungkin secara real time. RS e-tron GT2 memiliki tampilan dengan konten khusus RS.

Sebagai peningkatan tambahan opsional, atap kaca panoramik yang canggih secara teknis tersedia. Tidak seperti bahan sebelumnya, kaca pintar atap panoramik meminimalkan sinar matahari langsung dan berubah menjadi buram dengan satu sentuhan tombol. Hal ini dicapai melalui apa yang disebut teknologi kristal cair terdispersi polimer (PDLC), yang dapat berubah dari transparan menjadi buram.


Komponen kaca yang dapat dikontrol secara elektrik mengandung dua elemen film PDLC yang mengapit kristal cair yang memberi nama teknologi ini. Ketika tidak ada tegangan yang diberikan pada kristal, mereka membentuk lapisan yang tidak transparan, membuat atap kaca menjadi buram. Ketika tegangan diberikan, kristal-kristal tersebut akan menyelaraskan kembali, dan atap menjadi transparan.

Hal ini dapat dikontrol secara individual seperti "tirai digital" melalui tampilan MMI, di mana pelanggan dapat memilih dari empat preset. Grafis permukaan matte mengingatkan pada sarang lebah sporty Audi yang menjadi ikon.

Pada bagian mesinnya, motor sinkron magnet permanen digunakan pada gandar depan dan belakang. Model S e-tron GT memiliki output 500 kW (679 PS), RS e-tron GT mencapai 630 kW (856 PS), dan RS e-tron GT performance menghasilkan 680 kW (925 PS). Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dicapai dalam 3,4 detik untuk S e-tron GT, 2,8 detik untuk RS e-tron GT, dan 2,5 detik untuk RS e-tron GT performance. Kecepatan tertinggi mencapai 250 km/jam untuk model RS.

Sedangkan peningkatan lainnya di mobil ini adalah Baterai tegangan tinggi pada e-tron GT memiliki kapasitas penyimpanan kotor 105 kWh (bersih: 97 kWh). Audi telah meningkatkan arus pengisian dan pengosongan maksimum hingga 400 ampere, memungkinkan pengisian daya dari 10 hingga 80 persen hanya dalam 18 menit di stasiun pengisian daya tinggi (HPC). Dalam 10 menit, baterai dapat diisi ulang hingga jarak tempuh 280 kilometer.

Suspensi udara 2-chamber/2-valve yang baru dikembangkan menawarkan kenyamanan dan dinamika berkendara yang optimal. Sistem pengendalian dinamis Audi drive select memungkinkan pengemudi mengendalikan karakter kendaraan dengan tiga profil: efisiensi, kenyamanan, dan dinamis. Model RS menawarkan dua mode khusus RS yang dapat dikonfigurasi secara individual: RS1 dan RS2. Suspensi aktif menjaga bodi mobil tetap stabil selama pengereman, kemudi, dan akselerasi yang dinamis.














Share

Pilihan Redaksi

Berita Terpopuler

Berita Terbaru