Lewat berbagai kegiatan di dalam dan luar aplikasi, #SerunyaBareng akan hadirkan pengalaman Ramadan yang baru dan seru bagi komunitas TikTok selama sebulan penuh
Seru-seruan di media sosial bertajuk #SerunyaBareng kembali hadir. TikTok dalam kampanye ini menghadirkan berbagai program dan kegiatan untuk menemani masyarakat menjalani Ramadan selama sebulan penuh. Mulai dari kemeriahan perayaan Ramadan di seluruh Indonesia lewat konten kreatif, interaksi dengan kreator dan selebritas papan atas secara live, hingga berbelanja.
#SerunyaBareng dijanjikan menghadirkan pengalaman terhubung yang baru dan seru bagi komunitas TikTok.
“Sebagai platform hiburan yang inklusif, TikTok terus menjadi wadah bagi semua komunitas dari berbagai latar belakang dan lintas generasi untuk merayakan keberagaman dan kebersamaan mereka, termasuk saat Ramadan,” jelas Country Head of Operations TikTok Indonesia Mahwari Sadewa Jalutama, Jumat (24/03/2023).
Pada Ramadan tahun lalu, kata dia, terjadi peningkatan lebih dari 70% pada jumlah views dan 66% pada jumlah unggahan video seputar Ramadan bila dibandingkan tahun sebelumnya. Maka, melalui kampanye #SerunyaBareng, seluruh lapisan masyarakat diajak merasakan serunya kebersamaan di bulan Ramadan melalui interaksi kreatif yang terjadi di dalam aplikasi.
“Mulai dari konten singkat di TikTok, siaran langsung yang menghibur di TikTok LIVE, hingga keseruan berbelanja di TikTok Shop,” ungkapnya.
Kampanye digelar 20 Maret hingga 23 April mendatang. Mahwari menguraikan rangkaian program dan kegiatan selama satu bulan ke depan.
Serunya ikuti cerita keluarga jalani bulan puasa bareng Serial Ramadan TikTok. Untuk pertama kalinya, TikTok menghadirkan konten eksklusif Ramadan dalam format serial bertajuk Ramadan Indah. Diperankan oleh kreator Herma Retno Prabayanti (@hermaprabayanti) sebagai Ibu, Nadiem Attar Tarigan (@nadiemm_aja) sebagai Ayah dan Almineta Azzahra (@almineta) sebagai Indah, serial ini menceritakan pengalaman Indah saat menjalani puasa tahun ini bersama keluarganya.
Mahwari menambahkan, “Serial ini akan ditayangkan setiap pekan di platform.”
Serunya belanja lengkapi kebutuhan Ramadan bareng TikTok Shop. Untuk membantu komunitas TikTok menemukan produk yang serba PAS dengan kebutuhan persiapan puasa dan Hari Raya, TikTok Shop gelar rangkaian program dengan beragam produk dan promo menarik. Bertajuk Ramadan PASti Berkah (20 Maret-5 April), THR PASti Melimpah (6-11 April), dan Lebaran PASti Meriah (12-14 April), komunitas dimanjakan berbagai livestream interaktif dan katalog produk di tab Shopping Center berisi flash sale, diskon, hingga game seru.
“Hal yang jadi core di TikTok adalah kompetisi atau challenge. Untuk ini, ada hadiah utama berupa perjalanan umrah,” jelasnya.
Selama Ramadan, pengguna dapat mengikuti berbagai program seru yang disiarkan di TikTok LIVE. Salah satunya Karnaval Ramadan. Program yang disiarkan langsung setiap minggu ini akan menghadirkan kolaborasi kreatif dari kreator LIVE.
Selain itu, ada juga program "Ngabuburit LIVE" yang akan berbagi tips dan inspirasi setiap hari menjelang waktu berbuka, serta pertunjukan musik spesial Ramadan yang akan diisi dengan penampilan spesial dari kreator dan selebritas Indonesia. Salah satunya penyanyi Rosa.
“Semoga lewat program ini, masyarakat bisa ngabuburit bareng lebih seru sambil menjalani bulan suci Ramadan bareng keluarga, teman, maupun orang terdekat mereka,” kata Rossa, yang sering berbagi kebersamaan dengan keluarga lewat akun TikTok @rossa.official.
Serunya ngabuburit bareng komunitas TikTok, kata Mahwari, terangkum dalam event luring bertajuk Festival #SerunyaBareng. Menyambut Hari Kemenangan, acara ini digelar di MBloc Space, Jakarta, pada 15 April 2023. “Banyak kegiatan disiapkan seperti instalasi seni, workshop bareng kreator, peragaan busana, kegiatan kuliner, dan sebagainya,” tuturnya.
Perayaan Ramadan di TikTok tahun ini juga turut dimeriahkan dengan peluncuran video kampanye Ramadan #SerunyaBareng TikTok, diiringi jingle yang terinspirasi dari lagu Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya karya grup legendaris BIMBO. TikTok juga mengajak sejumlah kreator untuk terlibat dalam video kampanye, jingle, dan berbagai program lainnya antara lain Ayuenstar (@ayuenstarofc) sebagai penyanyi jingle dan kreator yang terlibat dalam video kampanye.