Jakarta, 28 Desember 2022 – PT Pos Indonesia (Persero) terus berperan untuk mengakselerasi pertumbuhan industri logistik nasional. Kali ini, Pos Indonesia melalui anak perusahaannya PT Pos Logistik Indonesia bekerja sama dengan Lion Group dalam sebuah kolaborasi yang dinamakan Ekosistem Direct Trading.
Program ini akan berfokus pada pengiriman serta pendistribusian produk dari petani, nelayan, serta para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kepada para konsumen secara langsung. Komitmen dari ketiga perusahaan tersebut diwujudkan dengan dilakukannya penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Pos Indonesia, PT Pos Logistik Indonesia dan Lion Group di Jakarta pada Rabu (28/12).
Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi, mengatakan kerja sama ini dilakukan dalam rangka mempercepat proses pendistribusian logistik para pelaku usaha di Indonesia dan merupakan salah satu upaya dalam mendukung stabilitas ekonomi nasional.
“Konsep Ekosistem Direct Trading ini merupakan penggabungan sistem pengiriman yang dimiliki oleh PT Pos Logistik Indonesia yang andal dalam jalur darat serta Lion Group yang memiliki spesialisasi dalam jalur udara, sehingga pendistribusian produk kepada para konsumen yang lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat membantu menciptakan stabilitas ekonomi nasional,” ujar Faizal.
Ekosistem Direct Trading merupakan kerja sama yang menggabungkan beberapa hal dari sistem pengiriman Pos Indonesia Group dengan Lion Group, antara lain rute penerbangan (port to port), operasional bandar udara, dan jaringan pos darat (post to post).
Sementara itu, hal senada juga diungkapkan dari pihak Lion Group yang antusias dengan kolaborasi yang memudahkan para pelaku bisnis Indonesia dalam distribusi logistik.
“Kolaborasi bersama Pos Indonesia Group dan PT. Pos Logistik Indonesia ini memanfaatkan kapabilitas masing-masing perusahaan dalam memperlancar arus barang dari hasil sektor pertanian, kelautan, peternakan, UMKM sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus daya saing produk domestik di pasar regional dan global,” ujar Presiden Direktur Lion Air Group, Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi.
Rudy Lumingkewas, Direktur Lion Air, Siti Choiriana, Direktur Bisnis Kurir dan logistik PT Pos Indonesia (Persero), dan Ardian Cholid, Direktur Utama PT Pos Logistik Indonesia.
Direktur Utama PT Pos Logistics Indonesia, Ardian Cholid menyatakan, besarnya pasar domestik akan sangat menguntungkan bagi konsumen dan produsen Petani, Peternak, Nelayan dan UMKM jika dihubungkan melalui “Ekosistem Penjualan Langsung (Direct Trading)” dalam pengiriman hasil produknya sampai kedepan pintu rumah konsumen secara Mudah dan Murah.
Direktur Bisnis Kurir dan Logistik, Siti Choiriana mengatakan, program yang terintegrasi dengan layanan kurir digital milik PT Pos Indonesia, Pos Aja! tak hanya sekadar mengirimkan produk frozen/beku saja, melainkan dapat membantu para pelaku bisnis memasarkan ikan hidup yang dapat dikirimkan antar-pulau.
“Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki ragam ikan hias yang jumlahnya tak terhingga. Dengan adanya Hotel Ikan pada program ini, para masyarakat tak perlu khawatir untuk mengirimkan produk (ikan) mereka ke konsumen secara hidup-hidup, karena terdapat re-oksigenisasi selama transit. Jadi, kami pastikan aman dan tentunya memudahkan para pelaku ekonomi memasarkan produknya,” tambah Siti Choiriana.