Lakon Indonesia tampil dalam Osaka World Expo 2025 di Kansai, Jepang, 8 Agustus lalu. Label lokal ini mengenalkan koleksi terbaru mereka di sela-sela perhelatan ‘Unified Diversity Fashion Show – Soroyuru’, yang bermakna harmoni di tengah perbedaan.
Memadukan tenun tradisional Nusa Tenggara Barat dan sentuhan desain kontemporer, Lakon Indonesia berkolaborasi dengan Comfiknit, label Hong Kong yang terkenal akan inovasi tekstil berkelanjutan.
"Kolaborasi ini lahir dari konsistensi membangun ekosistem fesyen yang kreatif dan berdaya saing," ungkap Thresia Mareta, pendiri Lakon Indonesia sekaligus advisor JF3.
Program ‘Unified Diversity Fashion Show – Soroyuru’ mempertemukan koleksi dari sembilan negara, menjadi perayaan mode di mana tradisi bertemu inovasi. Thresia pun memastikan, partisipasi mereka di ajang ini lebih dari sekadar presentasi karya.
“Kami membawa identitas Indonesia ke panggung global, ikut menulis cerita tentang keberagaman. Saat budaya saling menghargai, yang terlahir bukan hanya keindahan, tetapi juga harapan akan masa depan yang lebih harmonis," kata dia, menambahkan.
Selain tampil di Soroyuru, Lakon Indonesia bersama JF3 Fashion Festival menghadirkan tiga brand alumni PINTU Incubator: Senses, Apakabar, dan Fuguku dalam rolling exhibition pada 4 – 10 Agustusdi Paviliun Indonesia. Sebanyak 12 koleksi unggulan ditampilkan, memadukan desain, keterampilan tangan, dan nilai budaya Indonesia.
Lakon Indonesia juga menghadirkan pop-up store di Lucua Umeda, salah satu pusat perbelanjaan premium di Osaka, dari 7 – 13 Agustus 2025. Kehadiran ini memberikan kesempatan bagi publik Jepang untuk merasakan langsung kualitas dan karakter desain Lakon, sekaligus memperkuat positioning brand di pasar internasional.
“Kehadiran kami juga menjadi bagian dari diplomasi budaya Indonesia yang memperluas jejaring industri kreatif global sekaligus membuka peluang pasar baru bagi fesyen Indonesia di Jepang,” jelas Thresia.
Di ajang ini, Thresia tampil bersama desainer ternama Jepang, Shinshiro Mizuno, sebagai perancang busana Soroyuru. Mizuno dikenal pernah bekerja dengan Givenchy, Hanaemori, Yuki Tori, John Galliano, dan Alexander McQueen, serta memiliki brand[fuse] dan brand gaun pengantin berlisensi Givenchy.(*)