Under Armour Indonesia turut merayakan Hari Perempuan Internasional pada 9 Maret 2024, dengan mengangkat tema ‘Inspire Inclusion’. Peringatan tahun ini menegaskan kembali komitmen mereka untuk merayakan dan mendukung atlet perempuan.
Meski mengalami kemajuan yang signifikan, atlet perempuan masih menghadapi berbagai tantangan di kancah olahraga. Dari terbatasnya keterwakilan dan visibilitas dalam liputan media hingga kesenjangan gaji dan peluang kepemimpinan, perjalanan perempuan dalam olahraga menuntut kesetaraan dan pengakuan yang lebih besar.
Faldy Efadua, Assistant Marketing Communications Manager Under Armour Indonesia mengatakan pihaknya menyadari hambatan-hambatan ini, dengan mendedikasikan diri untuk mendukung dan memberdayakan atlet wanita di setiap level.
Melalui kampanye ini mereka berharap dapat menginspirasi pemahaman dan apresiasi masyarakat yang lebih luas terhadap inklusi perempuan dalam olahraga dan hal-hal lainnya.
“Dengan memupuk budaya inklusivitas, kami bercita-cita untuk menciptakan dunia di mana perempuan merasa diberdayakan, dihargai, dan dihormati dalam semua aspek kehidupan,” ungkapnya.
Seturut peringatan ini, dirilis warna simbolis IWD 2024 yakni ungu, hijau, dan putih. Masing-masing melambangkan keadilan, harapan, dan kesucian. Warna-warna ini berfungsi sebagai pengingat akan nilai-nilai yang kita junjung dalam upaya kita menuju masa depan yang lebih adil dan inklusif.
“Kami melihat banyak potensi besar di kalangan pecinta olahraga, khususnya perempuan. Namun, kita juga masih melihat banyak diskriminasi dan ketidakadilan terhadap atlet perempuan,” papar Faldy.
Ia menambahkan, “Dan, melalui perayaan IWD 2024, Under Armour kembali ingin menegaskan dukungannya terhadap perjuangan kesetaraan dalam dunia olahraga khususnya bagi perempuan.”
Pada kesempatan itu, mereka juga memperkenalkan koleksi khusus seri Meridian berupa pakaian olahraga dengan warna tematik IWD 2024 yaitu ungu yang merupakan warna khas kampanye IWD 2024 ini. Koleksi ini melambangkan kesetaraan perempuan dan menunjukkan keadilan serta kehidupan yang bermartabat.
Kolaborasi dengan Sana Studio Under Armour memilih studio SANA di Jakarta sebagai partner gymnya untuk perayaan IWD 2024. Alasan pemilihan ini antara lain karena konsistensi SANA studio dalam mendorong kesehatan perempuan dan gaya hidup aktif dan sehat.
Didirikan pada tahun 2012, Sana Studio mempunyai prinsip bahwa sebagai sanggar olahraga dan gymnasium. Sana tidak hanya menawarkan keanggotaan, namun juga komunitas yang saling mendukung dan sistem pendukung yang baik.
Under Armour dan SANA STUDIO mengadakan program latihan pound fit pada tanggal 9 Maret 2024 di Sana Studio, Cipete, Jakarta Selatan. Acara dimulai pada pagi hari dan diakhiri dengan perawatan tubuh khusus untuk para wanita termasuk peregangan pasif dan nail polish oleh tenaga profesional.
“Kami bangga menjadi bagian dari kampanye Hari Perempuan Internasional 2024 bersama Under Armour Indonesia. Kami juga berharap kampanye ini dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya peran perempuan dan perlunya menghilangkan diskriminasi dan kesenjangan,” ujar Liliana Munaf, co-founder SANA Studio Jakarta.