#DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 (#DIATF 2023) yang digagas Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi RI (Kemenkomarves RI) siap dilaksanakan, 19-21 Mei 2023 di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan.
Deputy Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenkomarves RI, Oddo Manuhutu menyampaikan, tujuan Travel Fair dengan tema BBWI (Bangga Berwisata di Indonesia) dengan nama #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023, untuk mendukung implementasi program Bangga Berwisata di Indonesia yang memiliki target 1,2 – 1,4 miliar perjalanan atau 2x dari tahun 2022 yang diperkirakan akan memberikan dampak pendapatan pariwisata di kisaran Rp 3.281 triliun.
“Nilai tersebut akan berdampak signifikan terhadap pemulihan pariwisata dan ekonomi makro. Selain itu juga untuk membangun kemandirian pariwisata Indonesia dengan mengembangkan mindset kebanggaan dan prioritas berwisata di Indonesia,” ujar Oddo Manuhutu, Rabu (17/5/2023).
Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI turut menyampaikan, 2023 pemerintah telah menetapkan target pergerakan wisatawan nusantara sebanyak batas bawah di 1,2 miliar dan batas atas 1,4 miliar perjalanan wisnus dengan nilai kontribusi pariwisata terhadap PDB diharapkan bisa mencapai 4,10%. Pencapaian target ini didukung dengan kampanye Nasional Bangga Berwisata Di Indonesia (BBWI) dengan tagar #DIINDONESIAAJA sebagai ajakan agar masyarakat Indonesia lebih mencintai destinasi wisata di Indonesia sekaligus mendorong pariwisata di daerah.
Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), asosiasi yang menaungi berbagai asosiasi pariwisata di seluruh Indonesia juga berkomitmen untuk menjadikan #DIATF 2023 sebagai ajang pameran wisata dan promosi destinasi wisata di Indonesia, dan destinasi super prioritas.
Pauline Suharno, Sekretaris Jendral GIPI dan juga Ketua Umum DPP ASTINDO (Asosiasi Travel Agent Indonesia) mengungkapkan, Ketua Umum DPP GIPI Hariyadi Sukamdani sudah mengarahkan para stakeholder pariwisata untuk berkolaborasi merencanakan event, atraksi, menciptakan demand agar dapat menarik traveller ke suatu destinasi.
“GIPI akan launching Enjoy Jakarta Student Trip di #DIATF. Siswa-siswa dari berbagai daerah harus melihat modernisasi ibukota, public transport, green office, shopping mall, dan sebagainya. Indonesia sangat kaya, garis pantai kita terpanjang di seluruh ASEAN, harusnya kita punya potensi untuk mendatangkan turis lebih banyak dari pada Thailand atau Singapura,” ungkap Pauline.
Pauline ingin agar masyarakat peduli jika para travel agent memiliki paket-paket wisata dalam Negeri yang tak kalah menarik dibanding tour outbound. “Di booth travel agent selain menjual paket wisata ke 5 destinasi super prioritas ke Danau Toba, Jogya-Solo-Semarang, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang, mereka juga menawarkan paket event Moto GP, diving, batik tour, Jakarta student trip, desa wisata, dan walking tour,” ujar Pauline.
Fokus Pada Periwisata Domestik
Sebagai BUMN Holding Pariwisata dan Pendukungnya, InJourney menyambut baik diselenggarakannya #DIATF Travel Fair 2023, langkah positif ini memberikan wadah bagi para travel agent, hotel serta maskapai memberikan pilihan paket wisata. Karena dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan dalam mendongkrak kembali, serta mengakselerasi pertumbuhan pariwisata dalam negeri pasca pandemi.
#DIATF Travel Fair merupakan Travel Fair pertama yang berfokus untuk destinasi pariwisata domestik yang tentu menjadi milestone bagi semua sebagai pelaku industri pariwisata – dengan tujuan untuk membangkitkan awareness potensi wisata domestik di Indonesia.
“Ini merupakan hal baik yang harus dukung, sesuai dengan visi InJourney yang tengah melakukan destination anagement untuk mengakselerasi pertumbuhan pariwisata yang secara agresif mendorong perkembangan destinasi-destinasi pariwisata domestik,” ujar Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney.
Maya menjelaskan, Indonesia memiliki potensi sangat besar, tapi Indonesia belum bisa mengoptimalkan aset-aset pariwisata yang ada. Hal tersebut mengakibatkan kunjungan pariwisata di beberapa daerah masih rendah, pada hal menyimpan banyak potensi pariwisata yang besar.
“Ini menjadi tantangan bagi kami untuk memaksimalkan potensi pariwisata daerah khususnya di kawasan 5 DPSP. Kami terus melakukan kerjasama dan kolaborasi dengan pemerintah setempat serta stakeholders untuk perbaikan dan revitalisasi kawasan pariwisata,” ungkap Maya.
Maya menambahkan, pengembangan kawasan pariwisata daerah, penguatan hospitality, peningkatan fasilitas akomodasi juga amenitas, dan menciptakan atraksi-atraksi serta event juga terus dilakukan untuk mendorong minat kunjungan wisatawan. Program yang dilakukan, antara lain ajang balap internasional MotoGP di Oktober nanti, spiritual tourism perayaan Waisak di Borobudur bulan Juni nanti, konser musik, atraksi budaya, dan sebagainya.
Dukungan dari pihak perbankan menjadi elemen penting untuk penyelenggaraan #DIATF 2023. Tak kurang dari 5 bank BUMN dan swasta Indonesia yakni BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga, Mandiri berpartisipasi untuk menyukseskan event #DIATF 2023, dengan memberikan cashback Rp 500.000 untuk setiap pembelanjaan minimum Rp 3.000.000 dan cicilan 0% selama 3 bulan.