aturan-perjalanan-luar-negeri-dilonggarkan-okupansi-hotel-kian-meningkat
Tren pemesanan lewat platform e-commerce hotel terus meningkat. | Doc: SiteMinder
Aturan Perjalanan Luar Negeri Dilonggarkan, Okupansi Hotel Kian Meningkat
Dody Wiraseto
Fri, 29 Jul 2022
Masa awal pandemi yang sempat membuat bisnis hotel turun drastis kini menunjukkan tren positif. Pemesanan hotel dari wisatawan mancanegara tujuan Indonesia menyentuh titik tertinggi dalam kurun waktu dua setengah tahun ini

JAKARTA-LIONMAG.ID. Dirilis dari data yang dihimpun SiteMinder, yang merupakan platform e-commerce hotel terkemuka dunia, hotel-hotel di Indonesia saat ini tengah menikmati membanjirnya reservasi dari tamu internasional sejak Februari 2022.

“Tingginya tingkat ketergantungan terhadap pelaku perjalanan internasional, sektor perhotelan di Indonesia tentu merasakan dampak atas dibatasinya pergerakan global dalam beberapa tahun terakhir ini. Namun, ciri dari masa pandemi ini yang diperlihatkan oleh data yang kami pegang adalah betapa cepatnya segala sesuatu dapat berubah,” ujar Regional Vice President Asia Pacific SiteMinder, Bradley Haines.

Menurut World Hotel Index, untuk tren reservasi hotel dan kedatangan tamu milik SiteMinder, hingga Juli 2022 sedikitnya 45 persen reservasi yang masuk ke hotel-hotel partner SiteMinder dilakukan oleh wisatawan mancanegara – sebuah tren yang semakin meningkat sejak Februari 2022 usai dilonggarkannya peraturan bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Dibandingkan dengan era sebelum pandemi, jumlah pemesanan di hotel-hotel partner SiteMinder di Indonesia saat ini berada di level 94 persen dalam perhitungan masa normal 2019, naik dari sebelumnya yang hanya tujuh persen pada April 2020.

SiteMinder, yang baru saja meluncurkan platform generasi terbaru guna mendukung industri perhotelan lebih baik, telah secara luas bekerja dengan pelaku bisnis di Indonesia dalam waktu yang cukup lama dengan menyediakan sebuah perspektif yang unik mengenai lanskap industri lokal.

Reza Rizky, E-Commerce and Digital Marketing Manager di Citradream Hotels by Ciputra dengan properti di Cirebon, Semarang, Bandung, Yogyakarta, dan Bintaro telah merasakan manfaat penggunaan SiteMinder.

“Saya bangga menjadi klien pertama SiteMinder di Indonesia dan telah bekerja sama lebih dari satu dekade. Dalam periode tersebut, SiteMinder telah menjadi partner teknologi yang stabil, apapun kondisinya, sehingga saya sangat terbantu dalam menjalankan pekerjaan saya. Hal yang paling saya sukai dari teknologi mereka adalah user experience yang sangat mudah dimengerti. Mereka juga memiliki sebuah tim lokal yang merupakan nilai tambah tersendiri," pungkas Reza











Share

Pilihan Redaksi

Berita Terpopuler

Berita Terbaru