Inovatif dan berkreasi membuat Asteria T Hesty mampu membawa PT. Sango Hotel Manajemen (SHM) semakin menancapkan eksistensinya di dunia hospitality. Sebagai Managing Director, tantangannya tak mudah, SHM lahir di masa pandemi, tepatnya di 2021, tahun di mana industri hospitality seakan mati suri.
Wanita kelahiran Magelang yang biasa dipanggil Aster ini juga dihadapkan pada fakta, properti yang dikelola semuanya adalah bangunan hotel tua. Saat ini SHM mengelola 4 hotel bintang 4 dan 5. Di Jakarta, propertinya antara lain Sunlake Waterfront Resort & Convention yang sudah berusia 27 tahun, kemudian Manhattan Hotel Jakarta 16 tahun, dan Merlynn Park Hotel Jakarta 13 tahun. Satu lagi properti di Semarang adalah Metro Park View Hotel yang sudah berusia 44 tahun.
"Ketika awal berkolaborasi dengan SHM, adalah challenging banget mengelola hotel-hotelnya yang memang sudah tua. Saya sangat tertantang kalau ini saya perbaiki dan menjadi sesuatu yang berbeda sesuatu yang diterima pasar lebih luas itu merupakan sebuah pencapaian baik," ungkap Aster.
Sebagai langkah awal yang diambil oleh Aster adalah meningkatkan company value dari mulai pelayanan hingga membangun brand identity baru. Di masa dunia hospitality sedang lesu karena pandemi, SHM bermanuver dengan merenovasi hotel secara menyeluruh.
"Saat masa pandemi shm banyak melakukan terobosan perbaikan dalam banyak aspek bisnis, kita renovasi, mulai melakukan perbaikan menyeluruh pada hotel kita. seperti pada Metro Park View Semarang, kita renovasi semua fasilitas, yang di Jakarta mulai rebranding," jelas wanita yang sudah berkecimpung di dunia hospitality selama kurang lebih 30 tahun ini.
BACA JUGA:
Tidak hanya pada aspek estetis hotel, perbaikan menyeluruh dilakukan mulai dari memperbaiki sistem, operasional hingga human resources. Semua karyawan mendapat pelatihan peningkatan skill, penampilan hingga seragam yang digunakan. Semua hal berkaitan brand images dan brand identity jadi perhatian utama.
Selain renovasi, penambahan fasilitas hotel juga gencar dilakukan, seperti di Sunlake Waterfront Resort and Convention. Penambahan fasilitas untuk family staycation dengan fasilitas mini zoo, area kidzone, beberapa fasilitas berkuda, setiap weekend memberi experience anak-anak seperti kelas berkebun, kelas memasak, kelas edukasi hewan lewat mini zoo.
"Responnya bagus sekali, kami menerima repeater ada yang sudah ke 10 hingga 20 kali, kita juga suprise sekali atas respon ini," bangga Aster.
Ia melihat bahwa pangsa pasar dunia hotel ini sangat dinamis. Semua perubahan yang dilakukan adalah untuk mengambil potensi pangsa pasar yang besar setelah pandemi melandai. Ketika market sudah kembali pulih, SHM sudah siap dengan tampilan baru yang lebih kompetitif dan promosi yang gencar mulai dari paket menginap, F&B hingga paket meeting.
"Setelah pandemi market kaget dengan penampilan terbaru kami, dan kami enak menyampaikan ke market," papar Aster.
SHM mengajak para tamu untuk merasakan hal yang berbeda dan unik. Di setiap propertinya, keramahtamahan Indonesia jadi budaya pelayanan hotelnya. Konsep Soul of Indonesia menjadi fondasi yang membuat tamu merasakan suasana yang warm dan welcome.
Aster mengungkapkan, filosofi SHM adalah Exclusive Acces To Unique Experience, di mana propertinya besar dengan banyak keistimewaan dan produk yang berbeda. "Jadi kami ingin membawa pengalaman tamu ke hotel itu unique tidak hanya good experience," ujar Aster.
Bisnis yang terus berjalan ke arah yang semakin baik ini dipandang Aster adalah buah dari kerjasama menyeluruh antara karyawan hingga stakehoulder. Selama proses perubahan, dukungan dari karyawan yang juga ingin sebuah perubahan baru menjadi sebuah kolaborasi luar biasa, apalagi didukung stakehoulder yang sangat support, membuat proses sejauh ini berjalan lancar tanpa halangan yang berarti.
"Jadi ini sebuah pencapaian bersama, bagi saya ini adalah karya bersama tim di Sango Hotel Manajemen beserta karyawan di unit-unit kami plus stakehoulder atas usaha bersama dalam proses transformasi," pungkas Aster.
BACA JUGA: